+39 02 87 21 43 19
Mon - Fri: 07:00 am - 05:00 pm

Blog

Serba-serbi Wallpaper Dinding

Wallpaper Dinding (Dok Verata)

Menurut sejarahnya, wallpaper dinding pertama kali digunakan oleh bangsa Cina kuno yakni sekitar pada 200 SM. Pada masa itu bangsa Cina menemukan kertas dan kertas tersebut digunakan mereka untuk menutupi dinding dirumah mereka dengan cara menempelkan kertas lalu mereka menghiasi kertas tersebut dengan panel beras dan mengambar simbol-simbol agama, lanskap dan beberapa binatang. Pada abad pertengahan di Eropa, orang-orang eropa mengunakan tenunan permadi, untuk menutupi dinding agar mengurangi rasa dingin, kelembaban dan sebagai alat untuk penghias ruangan agar tidak terkesan suram. Christophe-Philippe Oberkampf (Prancis), menemukan mesin cetak wallpaper di tahun 1785. Penemuan ini menjadi alternatif pengganti material cat yang mahal.

Mayoritas konsumen masih menjatuhkan pilihan kepada cat sebagai pewarna untuk dinding interior, namun bagi beberapa konsumen lainya cat tembok dinilai bersifat monoton karena hanya mengunakan satu warna saja, sehingga banyak juga dari kalangan masyarakat memilih beralih ke wallpaper dinding, yang mampu menciptakan nuansa keindahan dengan motif, warna dan ragam gambar yang dinilai dapat menghasilkan suasana yang lebih nyata.

Wallpaper sendiri berarti kertas dinding, dengan kata lain adalah pelapis tembok dengan motif indah. Desain dan motif merupakan hal utama untuk keberhasilan
sebuah produk agar dapat dinikmati oleh masyarakat. Cara menentukan keberhasilan itu dapat dilihat dari besar kecilnya minat pasar terhadap produk yang dijual. Aktifitas desain menjadi suatu kegiatan untuk melahirkan suatu gagasan yang memiliki nilai futuristik dan dapat melihat keinginan pasar dan tren yang ada pada saat itu. Ketika seorang desainer menciptakan suatu produk, sudah seharusnya desainer tersebut dapat membaca situasi pasar dan melihat kebutuhan pasar. Desain interior termasuk kategori desain yang memiliki fungsional, yakni desain yang memberikan arti untuk kegiatan sehari-hari manusia.

Dalam perancanganya, manusia merupakan faktor penting dan aspek utama. Membuat desain interior memerlukan tahapan dan prinsip yang berorientasi pada anatomi dan ukuran manusia seperti, keadaan jasmani, cara bergerak, bersikap dan tuntutan selera manusia. Keindahan interior merupakan salah satu pemenuh hasrat bagi setiap manusia dalam sebuah ruangan. keindahan mencakup fasilitas dinding, fasilitas simpan, fasilitas kerja dan fasilitas tidur.

Dengan perkembangan teknologi yang pesat, fasilitas dinding mengalami kemajuan dari sisi desainnya. Fasilitas dinding yang indah bila dipandang umumnya dirancang dengan mempertimbangkan sisi ergonomi (kenyamanan). Wallpaper dinding, jam dinding, hiasan dinding merupakan beberapa contoh dari produk fasilitas dinding. Secara khusus, wallpaper dinding merupakan bagian dari fasilitas dinding yang memiliki motif ragam corak serta memiliki berbagai macam materil yang bagus, kemudian berlapiskan cat khusus atau motif yang timbul sesuai dengan motif corak.

Wallpaper dalam situasi pasar furniture, merupakan salah satu produk yang banyak diminati untuk mengisi kebutuhan ruang perumahan maupun kantor disamping tidak mengunakan cat tembok biasa, wallpaper dapat dibuat sesuai dengan corak atau gambar yang diinginkan. Berbagai macam desain wallpaper disuguhkan oleh distributor furniture untuk dapat memenuhi kebutuhan pasar. Penelitian ini mengambil segmentasi pasar kelas menengah ke bawah.

Komponen wallpaper dinding terdiri dari kertas sebagai bahan utama, lapisan dalam terdiri dari lem untuk merekatkan kedinding dan bagian luar dari wallpaper adalah gambar atau motif wallpaper. Keindahan dari sebuah wallpaper selain dari motif desain juga dapat terlihat secara visual melalui kain pelapisnya. Bahan untuk wallpaper biasanya menggunakan material kertas, heavy duty paper, vinyl, kain, serat alami, foil dan beludru.

Gambar yang ditimbulkan memiliki tekstur motif embos yang dapat dirasa oleh indra peraba sesuai dengan gambar dan motif yang muncul. Untuk material kertas material yang didapatkan adalah terbuat dari kertas biasa, sehingga jenis ini mudah sobek. Jika bahan heavy duty memiliki sifat bahan yang kuat dan biasanya motif pada bahan ini sering diberi motif timbul (embos). Bahan vinyl bahan ini tahan lembab dibanding produk wallpaper bahan kertas. Bahan kain biasanya berbahan kain sutra, tenun linen berbahan kain ini memiliki beraneka motif tekstur warna yang beragam.

Sedangkan material beludru memiliki bahan yang sangat elegan dan terkesan modern. Tekstur yang dimunculkan oleh beberapa material tersebut, akan menghubungkan indra peraba manusia dengan produk secara tactile. Tactile atau segala sesuatu yang berkaitan dengan indra peraba atau sentuh, dapat dirasakan oleh semua permukaan tubuh manusia. Interaksi yang terjadi antara manusia dengan produk akan memunculkan persepsi terhadap produk tersebut. Persepsi yang muncul dari sensasi tactile tersebut akan memberikan penilaian khusus ketika konsumen memilih wallpaper untuk kebutuhan mereka. Persepsi tersebut nantinya akan menjadi sebuah standar kenyamanan yang muncul dari indra peraba atau sentuh.

Pemilihan gambar yang menarik akan menjawab semua kebutuhan yang merupakan salah satu cara menciptakan sebuah desain yang baik. Pembuatan desain tidak hanya berasal dari tampilan visual (panca indra penglihatan) yang indah, tetapi juga bisa melibatkan kepuasan dari panca indra yang lain, atau yang dikenal sebagai multi sensory design. Munculnya istilah multi sensory design merupakan jawaban dari pemenuhan kebutuhan desain yang bisa memuaskan kebutuhan pemakai lebih dari sekedar tampilan visual.

Referensi jurnal:

Ramadhani, I. (2017). TACTILE DIKAITKAN DENGAN PEMBELIAN PRODUK (STUDI KASUS WALLPAPER DINDING). Jurnal Proporsi2(2).

Jika Anda berminat dengan produk-produk Verata, Anda dapat mengunjungi showroom kami di:
Jl. Magelang No.Km. 8.5, Mulungan Wetan, Sendangadi, Kec. Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55286.

Lihat di Google Maps

Kami melayani pengiriman ke seluruh Indonesia. Hadir juga di Shopee dan Tokopedia

Verata Wallpaper Penyedia kebutuhan Interior dan Eksterior

POST A COMMENT